BERITA

BROSUR PPDB 2025/2026


Youtube


Kontak

Alamat :

Jl. Pendidikan No. 5 A Desa Pasar Lembu Kecamatan Air Joman

Telepon :

082167587837 - 082366875085

Email :

masaw49paslem@gmail.com

Website :

alwashliyah49paslem.sch.id

Media Sosial :

PEMBINAAN PROFESIONAL GURU DAN KEPALA MADRASAH MTs/MA DI LINGKUNGAN KANTOR KEMENTRIAN AGAMA KABUPATEN ASAHAN DAN PEMBINAAN DEEP LEARNING INSERSI KBC MAS AL-WASHLIYAH 49 PASAR LEMBU


Alwashliyah49paslem.sch.id-Tim WEB – Sabtu ,25 Oktober 2025 Kantor Kementrian Agama Kabupaten Asahan mengadakan pembinaan Kepala Madrasah MTs /MA dan pembinaan professional guru kurikulum Merdeka pendekatan deep learning insersi KBC di MAS AL-Washliyah 49 Pasar Lembu Bersama 14 Madrasah se Kecamatan Air Joman.

Rangkaian kegiatan acara di mulai dari pukul 09.00 WIB – 16.00 WIB Pembukaan oleh wakabid akademik Ibu Nurliana harahap ,S.pd selanjutnya pembacaan ayat suci al-Qur’an oleh Ananda M.Siddiq ALfahrezi ,kemudian menyanyikan lagu Indonesia Raya oleh dirjen Ibu Nurhalimah ,dan pembacaan do’a oleh Bapak Fikriansyah Siregar ,S.Pd dari MAS AL Munawir .Di lanjutkan oleh kata sambutan dari Kepala Madrasah MAS AL-Washliyah 49 Pasar Lembu Ibunda Ana Safitri Lubis ,M.Pd mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada Kantor Kementrian Agama telah mempercayakan  kepada Madrasah MAS AL-Washliyah 49 Pasar Lembu untuk melaksanakan pembinaan  Kepala Madrasah MTs /MA dan pembinaan professional guru kurikulum Merdeka pendekatan deep learning insersi KBC di MAS AL-Washliyah 49 Pasar Lembu Bersama 14 Madrasah se Kecamatan Air Joman.

Acara selanjutnya yaitu materi-materi yang akan di sampaikan oleh Bapak dan Ibu pengawas dari Kementrian Agama :

  1. Ibu Hj.Nelly Syafridah Harahap,S.Pd,M.Si menyampaian materi untuk kepala madrasah tentang cinta yang bertumbuh :sinergi growth mindset ,PM dan KBC .Bahwa Pendidikan sejati bukan hanya menumbuhkan kecerdasan, tetapi juga menumbuhkan cinta dalam diri setiap insan.” Pola pikir bertumbuh adalah cara berpikir bahwa kemampuan seseorang dapat berkembang melalui usaha, strategi yang tepat, dan pembelajaran dari kesalahan.Jadi Setiap guru dan kepala madrasah harus bisa berkembang — tidak ada kata terlambat untuk berubah.”

Implementasi:

- Kepala madrasah memberi ruang guru untuk bereksperimen dalam pembelajaran.

- Guru menanamkan keyakinan pada siswa: ‘Saya bisa belajar lebih baik hari ini daripada kemarin.’

  • - Budayakan refleksi mingguan agar guru berbagi keberhasilan dan tantangan.
  • Dan Seorang Guru yang hebat bukan hanya mengajar dari buku, tetapi mengajar dari hati.”

Cinta dalam pendidikan bukan sekadar emosi — tapi energi yang menumbuhkan potensi setiap anak menjadi cahaya bagi dunia.

Jadi ada Strategi menumbuhkan kembali cinta di tiga level yaitu : guru, kepala, dan pengawas madrasah yang berpijak pada spirit Kurikulum Berbasis Cinta (KBC) dan filosofi Pancacinta, agar cinta bukan sekadar emosi, tapi menjadi energi transformasi pendidikan.

  1. Ibu Sri Astuti ,M.Pd menyampaikan materi pengantar kurikulum di Madrasah .

Kurikulum Cinta adalah kurikulum yang menitikberatkan pada pengembangan karakter, pembelajaran berbasis pengalaman, dan perhatian mendalam terhadap aspek sosial dan emosional dalam pendidikan.

Bertujuan untuk melahirkan insan yang humanis, nasionalis, naturalis,toleran dan selalu mengedepankan cinta sebagai prinsip dasar dalam kehidupan. Kurikulum berbasis cinta di dalam dan di luar pembelajaran. Dan  ada 5 cinta yang dimasukkan dalam pembelajaran kurikulum Merdeka . Ia juga menjelaskan Langkah -langkah perencanaan KBC, indikator Keberhasilan Kurikulum Cinta di madrasah,tahapan implementasi kurikulum cinta ,komponen yang berperan di dalam KBC,Tugas dan tanggung jawab ,dan monitoring dan evaluasi.

 

  1. Ibu Nur Susanti ,M.Pd menyampaikan materi praktek langsung penyusunan perangkat pembelajaran berbasis PM dan KBC .Menjelaskan tentang Menyusun perangkat pembelajaran yang di mulai dari CP,TP,ATP ,MODUL AJAR dan LKPD yang berbasis PM dan KBC,kemudian mengintegrasikan prinsip PM dan KBC ke dalam tujuan ,kegiatan ,serta asessmen pembelajaran.Jadi para Bapak /Ibu guru diperintahkan untuk membuat CP,TP,ATP satu pertemuan saja dan sesuai dengan mapel masing masing dan ada dua perwakilan dari Bapak/Ibu guru harus bisa mempersentasikan hasilnya di hadapan pengawas dan guru lainnya.
  2. Ibu Nelly Syafridah Harahap,S.Pd,M.Si menyampaikan penggunaan AI dalam penyusunan perangkat pembelajaran .Untuk mempermudah guru dalam pengerjaan modul ajar agar lebih efisien waktu dan hasil yang maksimal yaitu  menggunakan salah satu aplikasi AI yaitu ChatGPT.Dan hasil yang didapatkan dari ChatGPT tersebut guru  juga harus menyesuaikan dengan situasi dan keadaan masing -masing madrasah .Sehingga di peroleh lah Modul Ajar sesuai dengan yang diharapkan yaitu kurikulum merdeka pendekatan DEEP LEARNING berbasis KBC.
  3. Bapak DRs.H.Edi Aswani menyampaikan tentang kebijakan kementrian agama terkait Kurikulum di Madrasah .

Kurikulum sebagai perangkat rencana pendidikan perlu dikembangkan secara dinamis sesuai dengan tuntutan dan perubahan yang terjadi di masyarakat. Itu lah sebabnya mengepa kurikulum selalu beruba h setiap waktu .Karena ada Faktor yang memengaruhi perubahan kurikulum,yaitu Bebasnya sejumlah wilayah tertentu di dunia dari kekuasaan kolonialisme,perkembangan IPTEK yang pesat  dan Pertumbuhan penduduk.Jadi perkembangan kurikulum di Indonesia di mulai tahun 1947 Rencana Pelajaran dirinci dalam rencana Pelajaran Terurai ,tahun 1968 Kurikulum Sekolah Dasar ,tahun 1975 Kurikulum Sekolah Kasar,tahun 1994 Kurikulum 1994,tahun 2004 Rintisan kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) ,tahun 2006 Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) ,tahun 2013 Kurikulum 2013 ,tahun 2022 Kurikulum Merdeka dan tahun 2025  kurikulum Merdeka dengan Pendekatan Deep Learning Berbasis Cinta.

 

Setelah mengikuti pembinaan Guru di harapkan bisa mewujudkan pembelajaran yang penuh dengan cinta kasih ,bisa menumbuhkan karakter kasih sayang antar sesama warga madarasah dan juga peserta didik dan bisa membangun suasana belajar yang damai dan produktif ,dan juga bisa menjadi pusat pembentukan generasi cinta damai dan berkahlak mulia ,selaras dengan visi Kementrian Agama menuju Masyarakat moderat dan berkeadaban.Hadis Riwayat Bukhori Muslim mengatakan ‘Tidak beriman seseorang hingga ia mencintai saudaranya sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri .

Akhir acara foto Bersama seluruh peserta pembinaan Bersama Bapak/Ibu pengawa hebat dari Kantor Kementrian Agama .NASA

LOKASI MADRASAH