BERITA

Kontak

Alamat :

Jl. Pendidikan No. 5 A Desa Pasar Lembu Kecamatan Air Joman

Telepon :

081361373522 - 082366875085

Email :

masaw49paslem@gmail.com

Website :

alwashliyah49paslem.sch.id

Media Sosial :


SEMANGAT DAN ANTUSIAS MEMPERINGATI MAULID NABI MUHAMMAD SAW 1443 H / 2021 M

alwashliyah49paslem.sch.id -TIM WEB Semangat serta antusias MAS Al-Washliyah 49 Pasar Lembu dalam memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H / 2021 M, bekerja sama dengan Badan Kemakmuran Mesjid (BKM) Al-Falah Desa Punggulan untuk mengadakan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat pelajar MI/SD dan MTS/SMP Se-Desa Punggulan. (23/10/2021)

Semangat dan antusias merupakan sesuatu yang perlu dijaga dan terus terbangun perasaannya. Semangat dapat diartikan  sebagai minat terhadap sesuatu sedangkan antusias adalah kegairahan atau gelora, menurut Ralph Waldo Emerson kata antusia berasal dari kata “En” dan “Theos” yang artinya “Tuhan di dalamnya”. Jika Allah berada dalam diri kita maka kita memiliki gairah dalam bekerja serta mampu menularkan energi positif bagi orang lain.

Semangat serta antusias MAS Al-Washliyah 49 Pasar Lembu beserta masyarakat Desa Punggulan terlihat jelas pada saat pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat pelajar MI/SD dan MTS/SMP dalam rangka  memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H / 2021 M yang dilaksanakan langsung di Mesjid Al-Falah Desa Punggulan mulai pukul 09.00-12.00 WIB dengan diikuti oleh 31 Peserta. Tingkat MI/SD berada di halaman Mesjid sementara Tingkat MTS/SMP berada di dalam Masjid Al-Falah. Dewan Juri pada Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat pelajar MI/SD adalah Bapak Nurdin, S.Pd.I, Bapak Zulfandi, S.Kom, dan Ibu Masni, S.Pd.I sementara Dewan Juri Tingkat MTS/SMP adalah Bapak Suherwin, S.Sos.I , Ibu Mursyidah Marpaung, S.Ag , dan Ayahanda H.Adlan LBS, M.Pd. Adapun penilaian pada Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat pelajar MI/SD dan MTS/SMP adalah Tajwid, Fashoha dan Nada.


Acara dalam memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H / 2021 M dimulai pukul 20.00 WIB diawali dengan penampilanh Tim Nasyid dari peserta didik MAS Al-Washliyah 49 Pasar Lembu yang sudah tampil ke Tingkat Kabupaten mewakili Desa Pasar Lembu, dilanjutkan penampilan kreasi drama yang berjudul “Anak Durhaka” yang dibimbing langsung oleh Guru Seni Budaya Ibu Siti Fatimah Ritonga, S.Pd. Akhir drama tersebut prolog menyampaikan pesan bahwa sebagai seorang anak kita tidak boleh melawan/durhaka kepada orang tua terlebih kepada Ibu yang telah berjuang hidup dan mati untuk melahirkan kita.

Acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H / 2021 M dihadiri oleh Kepala Madrasah, seluruh jajarannya serta 30% peserta didik MAS Al-Washliyah 49 Pasar Lembu, Kepengurusan BKM Mesjid Al-Falah, Bapak Camat Air Joman, Bapak KUA Kecamatan Air Joman, perwakilan Bapak Kepala Desa Punggulan, Bapak Babinsa Koramil 07, Bapak Babinkantipmas Polsek Air Joman, Peserta MTQ, serta masyarakat Desa Punggulan. Acara Maulid tersebut dibuka oleh Master of Ceremony (MC) Ibu Ana Safitri Lubis, M.Pd dilanjutkan oleh pembacaan ayat suci Al-Qur’an dan Saritilawah oleh peserta didik MAS Al-Washliyah 49 Pasar Lembu Ananda Ilham Kurniawan Syahputra  dan Ananda Syaiful Bakhri .

Setelah pembacaan Al-Qur’an dan Saritilawah, MC memberitahukan kepada semua hadirin bahwa Ilham Kurniawan Syahputra adalah Hafiz 17 Juz , Pemenang Harapan 1 MTQ tingkat Provinsi 2020 di Tebing Tinggi dan Pemenang Juara 1 Anak Sholeh tingkat Provinsi Sumatera Utara,In sya Allah akan mewakili Sumatera Utara ke Tingkat Nasional Bulan Maret 2022 mendatang dan Ananda Syaiful Bakhri adalah Hafiz 6 Juz Al-Qur’an. Pembimbingnya juga berasal Guru MAS Al-Washliyah 49 Pasar Lembu yaitu Bapak Suherwin, S.Sos.I dan Bapak Ikhwan Nasution. Tepuk tangan hadirin riuh menggema menandakan terkesan atas pencapaian yang telah diraih  peserta didik dan Madrasah.

Kata sambutan yang pertama disampaikan oleh Bapak Kepala Madrasah MAS Al-Washliyah 49 Pasar Lembu Ayahnda H. Adlan LBS, M. Pd. Beliau menyampaikan rasa terima kasih atas kerja sama dari BKM dan pemerintah setempat demi terlaksananya acara Maulid Nabi  sekaligus mewujudkan Visi-Misi Madrasah terhadap pelajar yaitu salah satunya bersosial dan berbudaya dengan sistem belajar di luar kelas (Auting Class). “Pembiasaan bersosial dan berbudaya di masyarakat ini juga nantinya dilakukan peserta didik di akhir kelas XII, Pelajar wajib mengabdikan dirinya ke masyarakat dengan turun kebeberapa desa untuk mempraktekkan tugas-tugas dalam perwiritan Laki-laki maupun Perempuan baik pembawa acara, imam pembacaan Yasin, Tahtim,Tahlil, do’a dan ditambah Pidato.”Jelas Kepala Madrasah dalam kesempatan sambutannya.


Selanjutnya Camat Air Joman Bapak Ruslan Sitorus, S.H memberikan kata sambutannya dalam acara tersebut berupa ungkapan rasa terima kasih bahwa Madrasah MAS Al-Washliyah 49 dan BKM Mesjid Al-Falah telah membantu menghidupkan kembali perayaan-perayaan umat islam juga pemberian apresiasi dalam bentuk hadiah, kemudian Bapak Camat menghimbau masyarakat tetap menjaga kebersihan diri dan lingkungan, tak lupa pula Bapak Camat berpesan agar masyarakat jangan takut untuk di Vaksin. “Niatkan dalam hati bahwa ikut Vaksin adalah sebuah usaha untuk melawan Virus agar yang kita lakukan bernilai ibadah” Jelas Bapak Camat. “Masukkan pula anak-anak kita ke Madrasah yang mampu menghidupkan nilai-nilai agama di hati anak-anak kita, salah satu Madrasahnya adalah MAS Al-Washliyah 49 Pasar Lembu.” Jelasnya dengan lantang.

Selingan diantara kata sambutan dalam acara tersebut adalah penampilan puisi yang berjudul “Tauladanku Muhammad Rasulullah” oleh peserta didik MAS Al-Washliyah 49 Pasar Lembu Ananda Nabila Marsya Sitompul. Pecah menggelegar tepuk tangan semua hadirin usai menyaksikan penampilan puisi tersebut, bahkan Bapak Camat Kecamatan Air Joman memberikan sejumlah uang tanda bukti apresiasinya dan menyalamkannya langsung pada Ananda Nabila Marsya Sitompul. MC menjelaskan bahwa penampilan puisi tersebut dibuat  dan dibimbing  langsung oleh Guru Bahasa Indonesia yang tak lain adalah dirinya sendiri yaitu Ana Safitri Lubis M.Pd, simpulan senyum tergambar di wajahnya.

Kata sambutan terakhir disampaikan oleh BKM Masjid Al-Falah Bapak Yudi dengan ucapan terima kasih atas kehadiran seluruh tamu undangan dalam memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H, semoga apa yang telah disampaikan oleh Bapak Camat dapat kita sahuti dan kita indahkan selaku warga yang baik.  Selanjutnya BKM juga menjelaskan bahwa terpilihnya Mesjid Al-Falah Desa Punggulan bukan karena di Desa Pasar Lembu tidak ada Mesjid namun sesuai penjelasan Kepala Madrasah H.Adlan Lubis M.Pd, bahwa satu diantara Visi-Misi Madrasah adalah untuk bersosial serta berbudaya  makanya diambil dari desa tetangga yaitu Punggulan. “Banyak sekolah yang menyebutkan hasil didikannya baik namun kita sekarang butuh hasil nyata bukan hanya kata-kata, sudah jelas hasil nyata pendidikan yang kita saksikan bersama pada malam hari ini jangan ragukan lagi masukkan anak-anak kita ke MAS Al-Washliyah 49 Pasar Lembu”. Jelas Pak Yudi.

Selesai kata sambutan oleh Bapak BKM Mesjid Al-Falah maka acara dilanjutkan dengan ceramah agama oleh Al-Ustadz Syahrul Nasution, MA yang juga merupakan Pengurus Daerah Al-Washliyah Kabupaten Asahan. Namun sebelum Al-Ustadz menyampaikan ceramah agama, Peserta didik MAS Al-Washliyah 49 pasar Lembu menampilkan Marhaban sebagai bentuk sambutan kepada Al-Ustadz dan utamanya puji-pujian terhadap Nabi Muhammad SAW. Adapun isi ceramah Al-Ustadz meneladani sifat Nabi Muhammad SAW. Ada 4 cara yang dipaparkan oleh Al-Ustadz Bapak Syahrul Nasution, MA dalam meneladani sifat Nabi Muhammad SAW yaitu :1.) Mengikuti Sunnah Nabi Muhammad, 2.) Mengaji dan membaca Al-Qur’an, 3.) Jangan tinggalkan Sholat, 4.)Khusu’ dalam beribadah. Al-Ustadz juga berkata banyak tokoh melarang perbuatan kejahatan namun tokoh tersebut pula yang melakukan kejahatan.“Jika kita meniru tokoh maka tirulah tokoh Nabi Muhammad karena Nabi Muhammad adalah tokoh yang dijamin Allah memiliki suri tauladan yang baik bagi semua Insan. Kita tidak akan kecewa jika Nabi Muhammad kita jadikan tokoh suri tauladan kita” Jelasnya mengakhiri ceramah agama.


Ceramah agama selesai maka dipandulah do’a agar mengambil barokah dari kegiatan yang telah dilakukan bersama. Setelah do’a selesai maka MC mempersilahkan kordinator acara (Wakil Kepada Madrasah Bidang Kesiswaan) Dra. Patimah untuk mengumumkan pemenang MTQ Tingkat Pelajar yang telah dilaksanakan pagi hari tersebut. Adapun Pemenang MTQ Juara 1,2,3 dan Juara Harapan 1,2,3 baik Putra/Putri Tingkat MI/SD maupun MTS/SMP mendapatkan Piala, Piagam penghargaan dan Uang pembinaan, yang belum mendapatkan juara hanya diberikan Piagam penghargaan dari pihak Madrasah. Selanjutnya Bapak Babinkantipmas Polsek Air Joman menyerahkan beberapa bingkisan Al-Qur’an untuk Mesjid Al-Falah untuk dapat dimanfaatkan dan dilestarikan pembacaan Al-Qur’an.

Selaku MC Ibu Ana Safitri Lubis, M.Pd mengucapkan mohon maaf atas kekurangan dan kesalahan dalam penyampaian kata, kemudian mengucapkan terima kasih atas segala perhatian dari semua hadirin dan menutup acara dengan salam penutup. Kepala Madrasah MAS Al-Washliyah 49 Pasar Lembu mengabadikan acara dengan foto bersama Panitia BKM Mesjid Al-Falah Desa Punggulan. AAFA

DOKUMENTASI OLEH PANITIA :




LOKASI MADRASAH