BERITA

Kontak

Alamat :

Jl. Pendidikan No. 5 A Desa Pasar Lembu Kecamatan Air Joman

Telepon :

081361373522 - 082366875085

Email :

masaw49paslem@gmail.com

Website :

alwashliyah49paslem.sch.id

Media Sosial :


Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer 2021

alwashliyah49paslem.sch.id -TIM WEB  MAS Al-Washliyah 49 Pasar Lembu melaksanakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) dengan sistem Online pada tanggal 29 dan 30 September 2021.

Pelaksanaan Asesmen Nasional ini merujuk pada surat edaran Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek)Nomor 030/H/PG.00/2021 tentang “Prosedur Oprasional Standar Penyelenggaraan Asesmen Nasinal Tahun 2021”.

Asesmen Nasional (AN) adalah evaluasi yang dilakukan oleh pemerintah untuk pemetaan mutu sistem pendidikan pada tingkat satuan pendidikan dasar, menengah dan atas dengan menggunakan instrumen Asesment kompetensi minimum, survey karakter dan survey lingkungan belajar. Adapun yang menjadi peserta dalam Asesmen Nasional pada satuan pendidikan adalah Kepala Madrasah, Tenaga Pendidik, dan Peserta didik yang terpilih menjadi sampel pada satuan pendidikan.

Mengingat pelaksanaan Asesmen Nasional (AN) ini pertama kali dan dilakukan secara Online,  untuk meminimalisir kendala dan teknis pelaksanaan maka sebelumnya peserta didik dibekali dan praktek langsung dengan melakukan gladi bersih Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) yang terjadwal jauh hari sebelum pelaksanaan ANBK Utama yaitu pada tanggal 7 dan 8 September 2021.

Peserta didik yang mengikuti Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) adalah peserta didik kelas XI baik jurusan IPA maupun IPS. Adapun pemetaan mutu yang akan dinilai adalah Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter dan Survei Lingkungan Belajar, yang dikemas dengan penilaian kemampuan menjawab soal Literasi pada hari pertama (29 September 2021) dan soal Numerasi pada hari ke-dua (30 September 2021). Literasi merupakan kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksi berbagai jenis teks untuk menyelesaikan masalah dan mengembangkan kapasitas individu sebagai warga  dunia agar berkontribusi  secara produktif di masyarakat. Numerasi merupakan kemampuan berfikir menggunakan konsep, prosedur, fakta dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan bagi individu sebagai warga negara  Indonesia dan dunia.

Kepala Madrasah,dan  Tenaga Pendidik dalam Asesmen Nasional (AN) mengikuti Survei Lingkungan Belajar. Survei Lingkungan Belajar adalah pengukuran kualitas pembelajaran dan iklim sekolah yang menunjang pembelajaran pada satuan pendidikan.  Kepala Madrasah yang mengikuti Asesmen Nasional adalah Ayahanda H. Adlan LBS, M. Pd. Sementara Tenaga Pendidik yang mengikuti Asesmen Nasional (AN) adalah Asrul S.Pd.I, Lailin Nasibah S.Pd, Masni S.Pd, Misva Hindra pangaribuan S.Pd, Nurdin S.Pd.I, Rosyidah Lubis S.Pd.I dan Wildan Ahmad Kurniawan  S.Pd.

Ana Safitri Lubis M.Pd seorang Guru bertanya seputar soal ANBK kepada seorang peserta didik yang telah mengikuti ANBK Utama. Habibi selaku peserta didik yang mengikuti Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) mengatakan bahwa sebagian soal dalam ANBK ada yang menjurus kepada penilaian dari peserta didik terhadap tenaga pendidik maupun peserta didik lainnya dalam proses kegiatan belajar mengajar. “Walaupun demikian soalnya selaku peserta ANBK kami menjawab sesuai keadaan dan apa yang kami lihat di Madrasah tanpa ada yang dikurangi nilai baik dan buruknya” Jelas Habibi.

Tujuan Asesmen Nasional (AN) untuk memetakan mutu dari satuan pendidikan secara langsung dan tidak menimbulkan konsekuensi kepada individu, peserta didik, guru maupun kepala sekolah. Tidak ada konsekuensi juga ke anggaran sekolah bahkan data tidak akan menjadi faktor nilai kelulusan bagi peserta didik jelas Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Nadiem Makarim.

Walaupun hanya pemetaan selaku Kepala Madrasah H. Adlan LBS M.Pd  tetap berupaya semaksimal mungkin untuk menyukseskan dan memfasilitasi pelaksanaan ANBK Utama 2021. Meskipun hasil penilaian tidak ada konsekuensinya terhadap warga Madrasah Beliau tetap berharap hasil pemetaan mutu sekolah pada Asesmen Nasional (AN) ini semoga mendapat nilai deskripsi minimalnya berpredikat Baik . AAFA

LOKASI MADRASAH

UJIAN CBT



PENGUMUMAN HASIL UJIAN


YOUTUBE CHANNEL