Rapat Persiapan Dan Pembuatan Soal Ujian Madrasah (UM) Tahun 2021
alwashliyah49paslem.sch.id- Seluruh
tenaga pendidik MAS Al-Washliyah 49 Pasar Lembu mengikuti rapat dalam teknis membuat
soal Ujian Madrasah (UM) tahun pelajaran 2020/2021 di ruangan kelas XII MIA MAS
Al-Washliyah 49 Pasar Lembu. (10/03/2021)
Rapat ini
diadakan karena mengingat soal UM wajib dibuat oleh guru Madrasah itu sendiri
mengingat Ujian Nasional (UN) saat ini ditiadakan dan menimbang pelaksanaan UM
akan dilangsungkan tanggal 15-20 Maret 2021 sementara Raport harus diberikan
tanggal 10 April 2021 tepat ditanggal perpisahan peserta didik kelas XII.
Pembuatan soal UM harus disesuaikan dengan KMA 183-184 untuk mata pelajaran
Agama dan Kurikulum 2013 untuk mata pelajaran Umum. Pengisian ARD (Aplikasi Raport
Digital) boleh dilakukan secara Online dari rumah atau menggunakan fasilitas
yang ada dari Madrasah.
Kepala Madrasah
H.Adlan Lubis, M.Pd menegaskan, ada beberapa hal yang harus kita lakukan untuk
pelaksanaan UM yaitu mengkoreksi kembali soal yang telah dibuat oleh guru
bidang studi yang mengajar di kelas XII
dengan panduan pembuatan soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) atau soal
yang mengajak peserta didik untuk mampu berfikir aras tinggi, mampu memecahkan masalah
dan mampu mengatasinya.Ujian UM merupakan satu diantara syarat kelulusan bagi
peserta didik, untuk itu Saya harapkan setiap guru wajib bisa membuat soal HOTS
yang dasar pengantarnya akan dipaparkan oleh Ana Safitri Lubis, S.Pd selaku
guru Madrasah yang diutus dalam pembekalan teknik pembuatan soal UM tahun
2020/2021 bertempat di Pesantren Mambaul Hidayah, 08 Maret 2021.
“Bila tenaga
pendidik Madrasah kita masih belum memahami pembuatan soal yang HOTS maka
InsyaAllah kita akan hadirkan Narasumber yang ahli dibidang tersebut untuk
membimbing kita dalam pembuatan soal yang HOTS diperkirakan bulan Ramadhan”
Tambahnya.
Ana Safitri
Lubis, S.Pd sebagai tutor sebaya menjelaskan bahwa soal yang dikatakan HOTS
apabila sudah menyesuaiakan kisi-kisi
soal dengan kartu soal sesuai apa yang diharapkan oleh pernyataan yang ada di
ke-dua lampiran tersebut. Indikator soal HOTS ada 4 yaitu A(Audients = peserta
didik), B (Behavior = Penugasan dari materi), Conditions ( Kondisi/Stimulus), D
(Degree =Harapan). Bila dibentuk dalam kalimat menjadi; “Disajikan.........................Peserta
didik dapat......................................dengan benar.
(C) (stimulus) (A)
(KKO dan Materi) (D)
Contoh soal
diberikan Ana dengan interaksi yang baik dengan Guru, Interaksi tersebut untuk
memantapkan persepsi yang sama terkait menyusun soal yang HOTS. “Kiat mudah
untuk membuat soal yang HOTS selain penjelasan yang sudah Saya paparkan adalah
buat soal UM berbentuk Narasi yang nyata dan biasa terjadi di sekitar kita.”
Tambahnya.